Minggu, 06 November 2016

Tugas 2: Pengertian Job Description dan Job Specification



Nama       :     Vinda Tifani Putri
NPM        :     1C514065
Kelas        :     3PA13

Pengertian Job Description dan Job Specification

Job Description atau Deskripsi Pekerjaan adalah pernyataan tertulis mengenai tugas, tanggung jawab, hubungan pelaporan, kondisi pekerjaan, metode dan teknik, serta bahan dan peralatan yang di gunakan untuk melakukan suatu pekerjaan. Deskripsi pekerjaan berorientasi pada hasil menjelaskan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakan oleh orang yang akan mengisi posisi tersebut.

Job Specification atau Spesifikasi Pekerjaan adalah suatu pernyataan tertulis mengenai kualifikasi dan karakteristik yang di butuhkan untuk pekerjaan menurut pendidikan, keterampilan, dan pengalaman. Spesifikasi tersebut menunjukan kualifikasi orang yangakan direkrut dan menetapkan standar yang harus dipenuhi pelamar agar dapat direkrut.

Job Description dan Job Specification Pada Pekerjaan

A.    Store Operation
1. Job Description
  1. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi seluruh pelaksanaan operasional perusahaan.
  2. Membuat standar perusahaan mengenai semua proses operasional, produksi, proyek dan kualitas hasil produksi.
  3. Membuat stategi dalam pemenuhan target perusahaan dan cara mencapai target tersebut.
  4. Membantu tugas-tugas direktur utama.
  5. Mengecek, mengawasi dan menentukan semua kebutuhan dalam proses operasional perusahaan.
  6. Merencanakan, menentukan, mengawasi, mengambil keputusan dan mengkoordinasi dalam hal keuangan untuk kebutuhan operasional perusahaan.
  7. Mengawasi seluruh karyawan apakah tugas yang dilakukan sesuai dengan standar operasional perusahaan.
  8. Bertanggung jawab pada pengembangan kualitas produk ataupun karyawan.
  9. Membuat laporan kegiatan untuk diberikan kepada direktur utama.
  10. Bertanggung jawab pada proses operasional, produksi, proyek dan kualitas hasil produksi.

2. Job Specification
  1. Berperilaku baik dan tidak pernah melakukan tindak pidana
  2. Menguasai ilmu-ilmu dasar administrasi, keuangan, pembukuan dan urusan umum
  3. Dapat berkomunikasi dengan baik
  4. Mampu berbahasa asing
  5. Memiliki jiwa pemimpin
  6. Dapat memperkirakan dan memprediksi peluang dan resiko dalam bekerja
  7. Bijaksana, sabar, teliti, tegas dan jujur
  8. Dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat
  9. Dapat menjadi panutan dan menginspirasi bawahannya

Daftar Pustaka:
Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D,. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar